Pilpres Berpeluang Dua Putaran

Pilpres Berpeluang Dua Putaran 
Jumat, 22 Mei 2009 17:51 WIB  

JAKARTA--MI: Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Lembaga Riset Informasi Johan Silalahi tidak yakin pilpres 2009 hanya akan berlangsung dalam satu putaran. 

"Banyak yang provokasi bahwa pilpres hanya akan berlangsung satu putaran. Secara teoritis sulit impian itu akan terwujud," katanya saat diskusi bertema "Ekonomi Kemandirian vs Ekonomi Neoliberal" di Negarawan Center Jakarta, Jumat (22/5). 

Ia mengatakan, pada saat pilpres 2004, dimana pasangan SBY-JK menjadi bintang dan berada pada puncak popularitasnya, SBY tampak tergopoh-gopoh untuk memenangkan kontestasi tersebut. Pada putaran II pilpres 2004, ia menambahkan, duet SBY-JK hanya mampu menang dengan 60 persen suara saja dan jutaan rakyat lainnya lebih memilih golput. 

Dalam diskusi yang juga menghadirkan ekonom/mantan Menko Perekonomian di era Megawati Kwik Kian Gie dan ekonom Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Hendry Saparini, Johan menegaskan, masyarakat tidak akan peduli dengan berbagai jargon yang disuarakan semua kandidat presiden yang akan bertarung nanti. 

Masyarakat, ujarnya, hanya menanti program kongkrit apa yang akan diperjuangkan masing-masing capres yang bakal menyejahterakan mereka nantinya. Sementara itu, Hendry Saparini mengatakan, tahun 2009 adalah momentum untuk menyadarkan masyarakat tentang perlu adanya perubahan kebijakan ekonomi yang lebih memihak rakyat. (Ant/OL-06)) 





0 Responses